Rabu, 11 Maret 2015

Diet Dengan Jeruk Nipis


Setiap orang pasti ingin memiliki tubuh yang ideal. Tidak sedikit orang yang berusaha keras untuk menurunkan berat badan dengan berbagai cara.  Salah satunya dengan menggunakan jeruk nipis. Apakah benar jeruk nipis dapat membantu menurunkan berat badan? Simak disini yaa

Jeruk nipis banyak mengandung vitamin C dan antioksidan. Bahkan menurut penelitian, kandunga vitamin C pada jeruk nipis, lebih tinggi dibanding jeruk jenis lainnya. Salah satu fungsi utama vitamin C adalah menyerap kalsium didalam sel-sel lemak. Selain itu, vitamin C berperan penting pada proses sintesis carnitin. Carnitin adalah molekul kecil yang ada pada tubuh, dan bertugas sebagai penyalur lemak untuk dikonversi menjadi energi. Dengan dikonversi nya lemak menjadi energi ini, maka jelas lah kenapa jeruk nipis mampu membantu penurunan berat badan.

Mengapa Jeruk Nipis dapat membantu proses pelangsingan tubuh?

Selain kandungan Vitamin C yang fungsinya telah dijelaskan diatas, jeruk nipis juga memiliki kandungan lain yang dapat membantu pelangsingan tubuh, diantaranya : sulfur/belerang, serat makanan/polisakarida non pati, saponin,dll

Kandungan sulfur/belerang pada jeruk nipis ini mampu membunuh bakteri dan bersifat astringent sehingga mampu mengecilkan pori-pori. Di dalam tubuh (usus), astringent ini akan mengecilkan pori-pori di dalam usus.

Jeruk nipis juga mampu membantu proses pengosongan lambung, karena jeruk nipis yang mengandung serat makanan (polisakarida non-pati), dengan adanya serat makanan ini maka dapat mempertahankan kenyang lebih lama.

Sementara itu, kandungan saponin dalam jeruk nipis mampu membersihkan yang didalam tubuh. Saponin ini akan bekerja seperti lipase atau empedu. Seperti hal nya cara kerja menghancurkan lemak saat mencuci piring dengan jeruk nipis. Didalam tubuh, saponin ini akan mengecilkan/meluruhkan lemak. Jeruk nipis memiliki efek detoksifikasi atau melarutkan zat-zat racun yang memang harus dikeluarkan melalui saluran pencernaan, sehingga dengan kata lain dapat mempercepat metabolisme tubuh.




Lalu, Bagaimana Cara Mengkonsumsi Jeruk Nipis Untuk Diet?

Peras  1-3buah jeruk nipis, dan tambahkan pada segelas air hangat (kurang lebih 200cc). Minum pagi hari, setelah bangun tidur saat perut masih kosong dan 1jam sebelum tidur.

Setelah diperas dan dicampur air putih, sebaiknya air jeruk nipis ini segera diminum, supaya kandungan Vitamin C nya tidak berkurang, karena kandungan Vitamin C pada jeruk ini mudah teroksidasi atau menguap.

Jika belum terbiasa untuk tahap awal sebaiknya gunakan 1buah jeruk nipis dahulu. Bisa dicampur dengan 1sendok teh madu, agar lambung anda beradaptasi terlebih dahulu. Jika Anda merasa lambung anda sudah mulai kuat, bisa mulai diminum tanpa tambahan madu. Dan secara bertahap, bisa ditingkatkan jumlah konsumsi nya seperti saran diatas.

Selama menjalani terapi denga jeruk nipis ini, sebaiknya Anda juga memperbanyak minum air putih supaya lemak lebih cepat luruh. Dan, ada baiknya Anda juga menerapkan pola makan yang sehat. Perhatikan menu makanan Anda, dan bersikap lebih bijak  dalam menentukan makanan mana yang baik untuk anda konsumsi atau tidak. Dengan mempertimbangkan efek makanan tersebut untuk kesehatan dan berat tubuh Anda.

Bila anda menerapkan program diet ini secara rutin dan disiplin, dijamin Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal. Para peneliti telah membuktikan bahwa mereka yang mengkonsumsi jeruk nipis secara rutin setiap hari cenderung memiliki berat badan yang ideal.

Selamat Mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar